Gubernur Anies akan sulap pasar ikan di Muara Baru jadi destinasi wisata

0

Beritabahagia.com-Pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membangun pasar ikan modern di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Pasar ikan yang dibangun dengan anggaran Rp 150 miliar itu akan menjadi satu-satunya pasar ikan modern di wilayah Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengutarakan keinginannya untuk menjadikan pasar ikan modern tersebut sebagai destinasi wisata.

“Kita harap di pasar ini bukan sekadar orang datang berjualan dan membeli ikan. Tapi juga bisa jadi tujuan wisata. Mudah-mudahan pasar ikan modern ini bisa jadi tujuan wisata di Jakarta,” jelasnya saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan pasar ikan modern, Kamis (8/2).

Pasar ikan tersebut, kata Anies, memiliki nilai sejarah dan telah berdiri sejak tahun 1846. Saat itu, tempat tersebut memang telah menjadi tempat pelelangan ikan.

“Area pasar dan bangunan unik karena berbentuk heksagon dan orang sering sebut ini seakan-akan seperti banteng atau kastil dan bentuk di atasnya seperti pelana kuda yang memiliki struktur yang unik,” jelas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Setelah pembangunan rampung dilaksanakan, Anies juga ingin di pasar ikan modern ini ada tempat khusus yang menjelaskan sejarah pasar tersebut. “Ini menunjukkan betapa kita sebagai bangsa yang tinggal di kepulauan punya pasar ikan yang usianya panjang,” ujarnya.

Anies juga ingin pasar ikan modern di Jakarta sekarang dengan Sidney Fish Market di Australia dan juga pasar-pasar ikan di Jepang. Pasar ikan di Jepang dan Australia harus menjadi rujukan dalam mengelola pasar ikan di Jakarta.

Anies berharap pasar ikan modern di Muara Baru bukan proyek terakhir Kementerian KKP di DKI Jakarta. Ia juga berharap pembangunan pasar ikan ini berjalan sesuai rencana.

Facebook Comments

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.